Rangkuman Informatika Bab 9 - Praktika Lintas Bidang
PRAKTIKA LINTAS BIDANG
-Cakra Arsyi 7B
1. Pengembangan artefak komputasional
Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir
komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web,
foto/gambar, audio, video, presentasi, dan lainnya.
Artefak komputasional
dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik
komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Proses pengembangan
artefak komputasional melalui proses iteratif yang mereleksikan ide dan
kreatiitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif,
eisien, indah, menarik, dan lainnya.
Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan tools
pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi
video editing, Aplikasi Perkantoran, 3D drawing dan printing, dan lainnya.
Salah satu tools pengembangan artefak komputasional yang dipakai dalam
modul ini adalah: papan sirkuit Makey Makey dan bahasa pemrograman
Scratch. Artefak komputasional dapat dikembangkan bersama-sama dengan
semangat gotong royong dengan menggunakan tools kolaborasi seperti
Google Drive, Google Docs, Oice 365, GitHub, dan lainnya. Pengembangan
secara kolaborasi membutuhkan komunikasi dalam grup yang efektif.
Contoh
artefak komputasional adalah: inovasi Komputasi yang tampak secara isik
seperti robot, drone, dan mobil otonom; inovasi nonisik seperti perangkat
lunak aplikasi seperti TikTok, Twitter, Tokopedia, Gojek dan lainnya; serta
konsep seperti e-Commerce, tele-medicine, dan lainnya. Salah satu perkakas
pengembangan artefak komputasional yang akan digunakan pada aktivitas
di sini adalah Makey Makey
2. Starter Makey-Makey: Bermain dengan alat
Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang bisa dihubungkan ke komputar dan berfungsi sebagai keyboard (selama bersifat konduktor) yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol). Dengan benda ini, kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan benda lainnya.
3. Bagian-bagian dari Makey-Makey
Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard
memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di
bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat
digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah
bawah, panah kanan, spasi, dan klik. Lubang tersebut dapat dihubungkan
dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di
bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse,
yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan.
4.Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey
Komputer dapat membangkitkan nada yang menyerupai suara piano, gitar,
drum, dan alat musik lainnya. Pengembangan artefak komputasional juga dilanjutkan
dengan mengembangkan rencana pengujian, dan menguji alat musik sederhana tersebut apakah sesuai dengan spesiikasi yang telah ditetapkan
sebelumnya. Pengujian didokumentasikan dalam bentuk hasil uji.
Nada musik adalah suara yang muncul secara stabil pada periode waktu
tertentu, yang ditandai dengan adanya durasi, pitch, intensitas, dan timbre.
Suara atau audio sendiri adalah getaran yang ditransmisikan sebagai
gelombang akustik melalui media udara, air, maupun zat padat. Suara dengan
frekuensi 20Hz – 20kHz dapat didengarkan oleh manusia.
Komputer sebagai perangkat elektronis mampu membangkitkan sinyal
suara, yang juga dilakukan oleh synthesizer. Synthesizer adalah alat musik yang
mampu membangkitkan audio dengan berbagai metode, seperti: substractive
synthesis, additive synthesis, dan frequency modulation synthesis. Audio ini
dapat dibentuk dan dimodulasi oleh komponen seperti ilter, envelope, dan
osilator frekuensi rendah. Synthesizer biasanya dimainkan dengan keyboard
atau dikontrol oleh sequencer.
-Berikut Video Presentasinya
Comments
Post a Comment