Rangkuman Informatika Bab 1 - Informatika dan Pembelajarannya
Rangkuman Indormatika Kelas 8 Bab 1 - Informatika dan Pembelajarannya
-Apersepsi
Apa yang kalian rasakan setelah mempelajari Informatika pada kelas
VII? Menarik, bukan? Ternyata, belajar Informatika tidak selalu harus
menggunakan komputer! Justru dengan memerankan diri sebagai komputer
atau robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem komputasi. Pada
materi kelas VII, kalian sudah belajar bahwa konsep Informatika ternyata
dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, di kelas VIII ini, kalian akan
memperdalam pemahaman kalian mengenai Informatika dengan cara yang
selaras dengan apa yang kalian alami pada kelas VII, yaitu bahwa mempelajari
Informatika ternyata bukan hanya hal praktis menggunakan komputer.
Namun, kalian perlu bermain, mengalami, berpikir, melakukan refleksi,
merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi komputer
A.Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk
Profil Pelajar Pancasila. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil
Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”
Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi
global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam
enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak
mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis;
dan Kreatif
Selain mempermudah kehidupan sehari-hari, Informatika akan membantu
kalian untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya
melalui internet. Di dunia digital, warga digital juga perlu cara komunikasi,
sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang
menumbuhkan karakter warga digital yang baik pula.
B.Cara Belajar Informatika
Di kelas VII, kalian sudah merasakan keasyikan dan keunikan cara belajar
Informatika yang telah dialami melalui buku pelajaran Informatika Kelas VII.
Mungkin, mula-mula, ada beberapa di antara kalian yang merasa kaget karena ternyata belajar Informatika tidak selalu menggunakan komputer. Belajar
Informatika juga tidak hanya sekadar memakai perangkat TIK atau gadget,
gawai atau perangkat komputer.
-5 Keunikan Cara Belajar Informatika-
1.Materi tentang Konsep Informatika
Untuk mempelajari suatu materi yang memuat konsep Informatika, ada dua
cara yang ditawarkan:
Pertama, kalian menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai
materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, kemudian kalian berlatih
dengan aktivitas tertentu. Berlatih itu penting untuk lebih memahami
konsep
Kedua, kalian belajar mandiri, yaitu kalian diajak untuk mengeksplorasi,
beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa urutan langkah
kegiatan yang dilakukan akan menuntun kalian untuk memahami materi
yang sebenarnya sedang kalian pelajari dengan beraktivitas
2.Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
Konsep yang dijelaskan di atas, disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait
kehidupan sehari-hari. Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam
banyak kejadian yang sejenis. Misalnya, pengolahan data pariwisata, hanya
mewakili salah satu dari banyak sekali jenis pengolahan data di dunia, misalnya
data pemerintahan, data pertanian, data perikanan, data kesehatan atau data
lainnya. Kalian akan dapat menerapkan konsep yang
sama untuk kasus “sejenis”. Carilah kesamaan “pola” yang melatar belakangi
suatu kasus agar kalian dapat menyelesaikan kasus sejenis dengan mudah.
3.Aktivitas yang Dirancng pada Setiap Bab
Lakukan aktivitas yang dirancang langkah demi langkah secara saksama
dan tidak terburu-buru. Melalui rangkaian tahapan aktivitas yang diberikan
secara sistematis dalam buku ini, kalian sebenarnya sedang dituntun untuk
mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep informatika
yang utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus.
Jadi, aktivitas tersebut dirancang bukan hanya sebagai kegiatan fisik, tetapi
juga kegiatan olah pikir!
4.Pentingnya Refleksi, Memaknai dan Mengoneksikan Pengalaman
Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, hendaknya kalian
melakukan pengendapan materi dan melakukan koneksi dengan materi
yang pernah dipelajari bahkan bukan hanya materi pelajaran Informatika.
Pengendapan dan mengoneksikan materi ini dapat dilakukan melalui ulasan
kembali mengenai apa yang sudah kalian pelajari, menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif yang membantu kalian menemukan kesimpulan.
Melalui pengendapan dan
mengoneksikan ini, diharapkan apa yang telah kalian pelajari tertanam dalam
diri kalian dan tidak mudah dilupakan, serta dapat dipakai sebagai modal
dalam memakai informatika sebagai bagian penyelesaian persoalan sehari-hari.
5.Pentingnya Minat dan Motivasi
Belajar itu menyenangkan jika kalian berminat terhadap apa yang dipelajari.
Informatika perlu dipelajari oleh semua orang karena saat ini hampir semua
orang membutuhkan berinteraksi lewat perangkat TIK. . Untuk itu, penting belajar Informatika agar dapat
tidak sekadar menjadi computationally literate, tetapi juga ikut menciptakan
computational artefact, perangkat keras, perangkat lunak, karya TIK kreatif
buatan bangsa Indonesia, bukan hanya menjadi pengguna TIK saja.
C.Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas 7
Dalam mata pelajaran Informatika kelas VII, kalian mempelajari semua
elemen Informatika. Berikut adalah gambaran umum mengenai materi yang
telah kalian pelajari :
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian telah belajar menyelesaikan
masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di
dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi
penjadwalan, struktur data list, dan representasi data.
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian telah belajar
mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan
peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian belajar mengenai definisi
komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama
komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak
dengan piranti lain yang terhubung.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian belajar mengenai
pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan
koneksi internet.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan
penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika tools-nya
tersedia, kalian telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan
memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi. Visualisasi menjadi
lebih menarik dan memudahkan analisis dan interpretasi data, bukan?
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian belajar membuat
karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blokblok visual. Ini ibaratnya kalian bermain lego, untuk menyusun suatu
karya, tetapi bedanya adalah bahwa karya berupa program dapat
dijalankan (dieksekusi) sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa
menjadi karya interaktif.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian belajar mengenai
sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Kalian akan lebih berhati-hati, mengutamakan aspek positif, serta
menghindari dampak negatif bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga
untuk teman-teman.
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja
sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari
pada bab-bab lain.
D.Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas 8
Informatika kelas VIII merupakan kelanjutan dari Informatika kelas VII. Elemenelemen pengetahuan yang dipelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII
ini sama dengan kelas VII, tetapi untuk kasus dan persoalan yang lebih kompleks
dan lebih samar. Berikut adalah gambaran umum yang akan kalian pelajari pada kelas VIII ini
1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai
fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data
(khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan
struktur data stack (tumpukan).
2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan
memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan
presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan
dokumen yang lebih kompleks.
3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi
sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori.
4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar
mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan
internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.
5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan
dengan kelas 7 mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan
data, dan visualisasi data.
6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar
pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu
Scratch dan Blockly.
7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai
media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis
8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama
dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba
menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari
pada bab-bab lain
E.Apa Harapan Guru ?
Pada akhir kelas 8 nantinya, para guru berharap kalian akan mampu
melakukan beberapa hal berikut ini :
1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan
persoalan sehari-hari.
2. Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang menyelesaikan
masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran.
3. Memahami komponen sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang
umum digunakan dalam informatika, berbagai proses logika dalam sistem
komputer.
4. Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer
lainnya melalui jaringan komputer dan internet.
5. Mendefinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume
kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari
data tersebut.
6. Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual dan
menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut.
7. Memahami dan mampu berpikir kritis terkait berbagai informasi yang
ada pada internet dan bertindak bijak ketika memanfaatkan dunia maya.
8. Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas suatu
persoalan, dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang sudah
disebut di atas
F.Pemaknaan dan Kualitas Hasil Belajar
Bagaimana membuktikan bahwa kalian telah belajar dengan baik?
Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational
artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan,
laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang
dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional
jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Oleh sebab itu, kalian perlu berusaha
mandiri untuk mengasah berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan
tugas-tugas. Informatika akan mengasah kemampuan kalian dalam berkarya
yang bermakna dan berkualitas
Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soalsoal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya
lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh,
sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari
tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya. Proses
kalian menghasilkan karya sehingga lebih efisien dan dapat diselesaikan tepat
waktu, membutuhkan pemikiran sebelum bekerja.
Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan karena merupakan aspek
penilaian computational artefact yang akan kalian hasilkan.
a. Dalam menjawab soal, kalian akan mendapatkan nilai baik jika kalian
dapat memahami soal, memberikan jawaban yang tepat sesuai logikayang baik dan bukan hanya menebak. Kedua hal tersebut didukung
dengan kemampuan kalian membuat strategi untuk menyelesaikan soal
yang diberikan dan kemampuan untuk menjelaskan strategi yang lain
buat secara runut.
b. Dalam pembuatan program, kalian akan mendapatkan nilai baik jika
dapat memanfaatkan perkakas (tools: Scratch dan Blockly) untuk
menyelesaikan masalah yang diberikan. Hal tersebut didukung dengan
kemampuan kalian untuk memahami dan menerapkan konsep yang
sedang diajarkan. Sebagai contoh, jika kalian sedang belajar materi
percabangan, untuk dapat menyelesaikan masalah yang di dalamnya
terdapat unsur percabangan, tentunya kalian harus memahami konsep
dan mampu mengimplementasikan konsep percabangan tersebut.
c. Dalam pembuatan artefak komputasional, kalian akan mendapatkan nilai
baik jika kalian dapat menganalisis, merancang solusi mengenai masalah
yang diberikan pada soal, mampu menerapkan konsep yang diajarkan
pada masalah tertentu, mampu mempresentasikan (atau melakukan
demonstrasi, jika diperlukan) artefak komputasional yang dibuat. Salah
satu bentuk pengkomunikasian hasil karya adalah pembuatan poster atau
infografis, yang akan menjadi bagian penilaian dari pembuatan artefak
komputasional tersebut.
d. Dalam eksplorasi perkakas komputasi tertentu, kalian akan mendapat
nilai yang baik jika kalian berhasil melakukan eksplorasi dengan kakas
tertentu (misalnya Scratch, spreadsheet) dan berhasil memanfaatkan
fitur-fitur pada perkakas tersebut secara optimal untuk membantu
menyelesaikan masalah pada soal yang diberikan
Selain mengenai beraktivitas secara perseorangan, jika kalian bekerja
dengan kelompok, ada juga nilai yang diambil berdasarkan dinamika
kelompok kalian.
G.Refleksi dan Rencana Kegiatan
Selama dua semester, kalian akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang
akan disampaikan oleh guru. Kegiatan tersebut urutannya akan ditentukan
oleh guru dan bukan oleh urutan dalam buku ini karena bahan dalam buku
ini memang sengaja dibuat lebih banyak, dan tidak semuanya akan dibahas
di kelas.Sebelum belajar tentang Informatika, ada beberapa kemampuan umum
yang akan dipakai sepanjang pembelajaran yang penting untuk kalian
kenal dan alami lebih dulu, antara lain bagaimana belajar dan bekerja dalam
kelompok serta bagaimana mengomunikasikan hasil kerja dengan baik
-Berikut adalah kumpulan aktivitas pembelajaran Informatika Kelas 8
Comments
Post a Comment